Negeri (Dongeng) Bernama Indonesia




Tuesday, February 16, 2010


Oleh: Jantan Putra Bangsa

Negeri yang kaya, tenteram dan damai. Sangatlah kaya raya dengan hasil buminya; betapa subur tanahnya, betapa luas lautnya, betapa rimbun hutannya, betapa banyak tambang emasnya. Luar biasa. Aku kira negeri seperti ini hanya ada di dalam dongeng. Ternyata selama ini aka tinggal di atas bumi negeri seperti ini, bumi Indonesia. Sungguh luar biasa!

Kenapa aku tidak menyadari? Atau aku yang terlalu bodoh untuk mengerti? Sampai-sampai baru sekarang aku sadar bahwa negeri yang aku tinggali adalah negeri kaya raya. Sungguh memalukan.

Ketika mendengar cerita adanya sebuah Kerajaan Majapahit yang pernah menyatukan nusantara. Betapa hebatnya Majapahit! Dengan kekuatan maritimnya menyatukan nusantara. Sungguh nenek moyang yang patut dibanggakan.

Pikiran langsung melesat jauh mundur ke masa lalu. Menyadari ratusan tahun yang lalu kita pernah berjaya merajai lautan. Saat ini hanya kemampuan darat saja yang dapat diandalkan.

Hasil laut yang luar biasa besar tak dapat dikelola dengan maksimal. Bumi Indonesia dijarah habis-habisan. Kita terdiam tak dapat berbuat apa-apa. Mending jika masih sadar adanya penjarahan besar-besaran, tetapi banyak yang tidak mengerti atau memang tidak mau mengerti akan hal ini. Salah siapa semua ini?

0 comments:

Post a Comment

 

Aku

Powered by Blogger.

Jantan Putra Bangsa adalah seorang Pecinta Kampung, Kretek, Jamu, Rempah, Kopi dan Seluruh Kekayaan Alam Nusantara. Meluapkan kecintaannya itu melalui kata-kata, tulisan, dan kesenian. Bisa dihubungi melalui jejaring social Instagram @Jantanpb maupun melalui surat elektronik jantanmail@gmail.com

Copyright © 2015 • Jantan Putra Bangsa