Toegoe Jogja Festival Belajar Membuat Wayang Suket




Saturday, October 6, 2018
Foto: Dok. Wayang Benges


YOGYA (KRjogja.com) – Wayang Benges akan turut meramaikan Toegoe Jogja Festival TJF) edisi bulan September (04/09/16). Acara car free day tersebut akan berlangsung mulai pukul 06.00 - 10.00 WIB di Jalan Margo Utomo (Jalan Pangeran Mangkubumi).

Lembaga kesenian ini bergerak di bidang pelestarian budaya Nusantara khususnya wayang suket. Sesuai dengan namanya, wayang ini terbuat dari suket atau rumput.
Bentuk dan karakternya dapat diciptakan sesuai kreativitas pembuatnya. Akan ada workshop dan pengunjung TGJF dapat menciptakan wayang suketnya sendiri.
Sejak berdiri pada 2011 hingga saat ini, Wayang Benges mengembangkan permainan tradisional dengan melakukan riset, workshop, eksperimentasi artistik, dan pementasan. Mereka juga telah mengadakan workshop membuat wayang suket di beberapa daerah di Indonesia.
Pengurus lembaga menerangkan bahwa pementasan wayang suketvvvvvvvvvvvvvvvvvvvv mengangkat kritik sosial yang dibalut dongeng dan didalangi lebih dari satu. Musik pengiringnya pun bukan gamelan, melainkan suara dari dolanan tradisional anak-anak seperti seruling dan othok-othok. (MG-05)


0 comments:

Post a Comment

 

Aku

Powered by Blogger.

Jantan Putra Bangsa adalah seorang Pecinta Kampung, Kretek, Jamu, Rempah, Kopi dan Seluruh Kekayaan Alam Nusantara. Meluapkan kecintaannya itu melalui kata-kata, tulisan, dan kesenian. Bisa dihubungi melalui jejaring social Instagram @Jantanpb maupun melalui surat elektronik jantanmail@gmail.com

Copyright © 2015 • Jantan Putra Bangsa